Idul Adha 2017 Tanggal Berapa?

Idul Adha 2017 Tanggal Berapa?
Daftar Isi : [Buka]
Idul Adha 2017 Tanggal Berapa?
Hari raya Idul Adha atau yang biasa disebut lebaran haji ataupun Hari Qurban ini identik dengan pengorbanan hewan kurban yang dirayakan oleh umat Islam pada tanggal 10 Dhul-Hijjah. Dalam kalender masehi, perayaan Idul Adha tahun ini dirayakan pada hari Jumat, 1 September 2017.

Perayaan Idul Adha dimulai dengan kisah Nabi Ibrahim yang saat itu mengorbankan hewan kesayangannya yaitu domba, sapi, dan unta dengan jumlah yang banyak. Tapi nabi Ibrahim merasa bahwa itu tidak banyak, bahkan dia berjanji pada dirinya sendiri bahwa dia akan bersedia menyembelih anaknya sendiri jika diberkati dengan seorang anak.

Sebelumnya, Sumpah ini diucapkan kepada istrinya saat itu, Sarah. Bahkan belum memiliki anak laki-laki meski sudah lama menikahi Ibrahim. Kemudian Ibrahim diperintahkan untuk menikahi Siti Hajar. Itulah awal dari sejarah Idul Adha.

Tidak lama setelah menikah dengan Hajar, maka ia diberkati dengan seorang putra bernama Ismail. Sampai suatu malam, nabi Ibrahim mengimpikan mendapat perintah dari Tuhan untuk memenuhi nadzarnya yaitu membantai anaknya.
Idul Adha 2017
Meski ia bingung, Ibrahim akhirnya mematuhi. Ismail yang saat itu berusia 7 tahun dengan tulus menerimanya. Namun, pisau yang hendak digunakan untuk menyembelih Ismail tidak cukup kuat untuk disembelih. Lalu selamatlah Ismail.

Dalam beberapa riwayat, disebutkan juga bahwa Allah menggantikan Ismail dengan seekor domba sampai akhirnya perintah berqurban muncul di Idul Adha dengan domba atau hewan pengorbanan lainnya.

Oleh karena itu Idul Adha sering disebut sebagai Hari Qurban karena identik dengan pembantaian hewan kurban.

Setelah melakukan sholat Id, biasanya diikuti dengan penyembelihan hewan kurban. Meski ada juga yang menyembelih hewan kurban keesokan harinya sampai batas maksimum pengorbanan hewan kurban ditentukan.

Di beberapa daerah, warga mengumpulkan hewan qurban mereka di masjid tempat mereka melakukan salat Idul Adha. Tapi banyak juga yang disembelih di rumah mereka. Tak lupa, takbir terus dikumandangkan dengan merdu dan nyaring.

Ada beberapa tradisi unik di Indonesia dalam perayaan hari raya ini. Salah satunya adalah grebeg gunungan yang dilestarikan di kraton Yogyakarta. Tradisi ini telah dilakukan sejak lama dan turun temurun dengan acara tersebut diarak 3 buah gunung yang mengandung aneka makanan.

Tradisi ini dipercaya bisa memberi rezeki. Selain itu, di Semarang juga ada tradisi Apitan di mana warga parade tumpengan di jalan raya beramai-ramai. Ada juga tradisi mantel sapi unik dimana ia bertujuan untuk menghormati sapi yang akan dibantai dengan cara perkawinan.

Kabar terbaru ! idul adha dirayakan pada tanggal 01 September 2017 : 10 Dhul-Hijjah ( Pengumuman LAPAN )

Sumber : Click Here

1 Response to "Idul Adha 2017 Tanggal Berapa?"