Nofollow Dofollow Beserta Keuntungan dan Kerugiannya

Nofollow Dofollow ? - Mana yang lebih baik untuk kesehatan blog kita? Jadi, mana yang lebih baik untuk kesehatan blog? Tentu saja nofollow, banyak blogger senior mengembalikan blog mereka ke nofollow, itu semata-mata untuk menghindari link keluar lebih banyak. Kenapa saya bilang link keluar? Karna blog dofollow akan memberikan backlink secara cuma-cuma untuk si pemberi komentar. Sebelum memilih alangkah baiknya kita mengetahui perbedaan nofollow dan dofollow.

1. Nofollow

Nofollow DofollowMenurut yang saya baca dari berbagai sumber, link nofollow adalah suatu attribut HTML yang memerintahkan beberapa mesin pencari / search engine agar hyperlink tidak mempengaruhi ranking dari link target dalam index mesin pencari. Hal ini dilakukan untuk mengurangi spam, dengan demikian akan meningkatkan kualitas hasil pencarian. Banyak blog yang menggunakan nofollow dengan alasan agar google pagerank tidak turun, maka mesin pencari akan mengabaikan link yang terkena nofollow sehingga tidak mendapatkan backlink.

2. Dofollow

Sedangkan untuk dofollow adalah kebalikan dari nofollow, blog yang menggunakan dofollow akan membuat sebuah backlink pada setiap link yang ada pada blog.

Penulisan link Dofollow dan Nofollow :
Nofollow <a href='http://wafariq.blogspot.com' rel='nofollow'>Blogger Mobile</a>
Dofollow <a href='http://wafariq.blogspot.com' rel='dofollow'>Blogger Mobile</a>
Baca Juga :

Keuntungan Dofollow :

  • Banyak yang akan berkomentar di blog sobat,
  • Traffic / pengunjung akan meningkat

Kerugian Dofollow :

  • Ada kemungkinan pagerank blog akan menurun
  • Sulit diindex oleh google karna banyak backlink satu arah (oneway link) yang mengarah ke blog lain

Kesimpulan :

Jika dalam 1 postingan blog rata-rata 50 komentar, jumlah postingan ada 100 dan semua postingan penuh dengan komentar dari blogger yang ingin mendapatkan backlink secara gratis. Berapa link keluar (outbound link) yang sobat buang secara cuma-cuma?

Jika, sobat mempunyai 200 link masuk (incoming link) apakah seimbang? Tentu saja tidak kan? Hasilnya adalah menunggu sang paduka raja Google mengupdate pagerank dan ucapan selamat dari si paduka google karna pagerank blog turun :D

Jadi, sekarang tergantung dari diri kita masing-masing, jika ingin tetap menggunakan dofollow sebaiknya selalu memantau backlink blog sobat. Dan jika ingin mengembalikan ke nofollow baca kembali artikel saya tentang mengubah blog nofollow menjadi blog dofollow. Sekian dulu postingan kali ini tentang Nofollow atau Dofollow semoga bisa berguna bagi kamu semua.

0 Response to "Nofollow Dofollow Beserta Keuntungan dan Kerugiannya"

Posting Komentar